Enjoying A Delightfull Evening With Taste New Zealand

New Zealand , sebuah negara kepulauan yang terletak di barat daya kepulauan pasifik. Saat mendengar kata New Zealand, pasti langsung teringat dengan buah Kiwi, buah khas negeri ini.

Saya sendiri tak banyak tau tentang New Zealand. Yang saya dengar keindahan alam new Zealand membuatnya dijadikan lokasi syuting film trilogy Lord Of The Ring. New Zealand juga punya banyak dairy product yang sudah mendunia seperti milk powder, butter, skim milk powder,madu, juga cheese.

Saat mendapat tawaran untuk menghadiri #TasteNZ di The Dharmawangsa Hotel saya langsung mengiyakan, walaupun jujur sempat ga percaya pas dikasih invitationnya. Antara senang dan bingung sebenernya, kok bisa saya yang ditawari, followers saya di socmed (IG dan Twitter) cuma sedikit jumlahnya. Blog Pun sudah lama tak diupdate hehehehe.

WhatsApp Image 2018-10-06 at 19.48.58
Taste New Zealand’s Booklet

Dari Booklet yang saya dapat saat registrasi ulang, saya baru tau kalo event #TasteNZ adalah salah satu upaya pemerintah New Zealand untuk memperkenalkan produk-produk inovatif dari beberapa Worl-Class Industry leader. Mulai dari Madu Manuka, Coklat,Biskuit, hingga ke bahan-bahan premium untuk makanan. Acara ini juga dalam rangka merayakan 60 tahun hubungan diplomatik antara New Zealand dan Indonesia yang telah terjalin baik selama ini.

WhatsApp Image 2018-10-06 at 19.38.33
New Zealand’s Deputy Prime Minister

Di Depan meja registrasi terdapat foto booth bagi para undangan untuk mengabadikan moment kehadiran mereka di #TasteNZ Saya yang datang sendiri tak cukup berani untuk sekedar selfie di foto booth itu, akhirnya saya memilih langsung masuk keruangan acara.

Nyobain Coklat

Di Dekat pintu masuk mata saya langsung berbinar, liat tumpukan berbentuk seperti batu bata mini berwarna gelap disajikan di piring kecil di salah satu booth.

COKLAAAAAAAAAAAT !!!!!!!!!!!!

WhatsApp Image 2018-10-06 at 19.09.01
Whittaker’s Chocolate

Pasti enak nih, batin saya sambil menahan diri untuk tidak langsung main comot. Konon katanya produk olahan coklat dari New Zealand terkenal akan kelezatannya. Nah akhirnya dapat juga kesempatan icip2 coklat, dan bertanya ke mas yang ada di boothnya. Dengan Bahasa Inggris level beginner saya pun berusaha berkomunikasi dengan mas nya.

Mas ini coklatnya boleh dicobain?

Boleh mas silahkan coba semua rasa

Coklat yang pertama saya ambil adalah Fruit & Nut, rasa buah dan kacang almond, pas lumer di lidah pertama cuma terasa coklatnya, lalu ada rasa buah yang muncul belakangan, pas digigit eh ada almondnya dong. Kandungan coklatnya di varian rasa ini sebesar 33%.

Nyobain lagi dong varian rasa lain, lanjut ngobrol sama masnya saya langsung aja comot Dark Ghana Chocolate, you know lah kalo dark coklat itu gimana rasanya. Berasa banget coklatnya pas nempel lidah, pas lumer rasanyaaa bikin pengen rebahan dipinggir pantai sambal menikmati angin sepoi-sepoi.

Wajar aja coklatnya lebih terasa karena kandungan coklat dalam Ghana Dark ini 72% . Mas yang jaga boothnya cerita kalo bahan baku coklat ini berasal dari Ghana. WOW…

Terus iseng lagi nyobain varian rasa Ghana Pepermint, ada rasa coklat dan mint yang meledak2 di lidah saat coklatnya lumer, mint nya berasa banget. Salah seorang teman bilang rasanya kaya permen coklat mint yang iklannya ada di TV.

Sebenarnya masih ada varian white chocolate dan cocoa creamy milk yang masih belum saya coba, namun lebih baik menahan diri dari pada ntar diusir secara halus ma mas yang jaga boothnya.

Berbagai varian coklat yang saya cobain ini adalah produksi J.H Whittakers and sons, perusahaan coklat kelas dunia yang sudah beroperasi sejak tahun 1896.

Nyobain Snack Bar

Setelah mencicipi coklat dari Whittaker’s , saya tertarik mencoba snack bars dari Nice & Natural. Brosur dan displaynya yang eye-cathing. Cara Enak Ngemil Sehat dijadikan tagline Nice & Natural Nut Bar ini. Snack ini terbuat dari bahan baku yang alami, kaya akan fiber dan protein. Dalam setiap produknya mengandung 4 gram protein,kacang,oats, cereal hingga buah berry yang dibalut coklat. Kebayang ga tuh rasanya gimana.

WhatsApp Image 2018-10-06 at 19.14.52
Nice & Natural Nut Bar

Ada dua varian rasa yang ditawarkan oleh Nice & Natural Nut Bar ini, yaitu Choco Almond Crunch Bar dan Mixed Berry Crunch Bar. Cocok banget nih buat yang punya mobilitas tinggi,baik dan menganut gaya hidup sehat. Ga perlu worry bakal tambah besar dan melebar kaya saya.

Nice & Natural Bar ini sudah di produksi sejak tahun 1985. Setelah dengerin penjelasan dari mbak yang jaga boothnya saya pun mencoba dengan ikhlas. Saya ambil coba Choco Almond Crunch Bar nya. Saat digigit terasa crunchy, manis coklatnya terasa pas, bercampur dengan rasa kacang almond yang lumayan kuat. Enak dan ga terlalu berat untuk ukuran snack. Snack bar ini menurut mbaknya setara dengan 130 kkal, jadi ga perlu khawatir ngemilnya.

Zespri Kiwi

Selain coklat dan healthy snack bars, juga ada buah kiwi segar dari Zespri, satu-satunya produsen buah kiwi yang ada di New Zealand. Perusahaan ini telah mendistribusikan Buah Kiwi ke 59 negara dan telah banyak melakukan inovasi dalam supply, distribusi dan juga marketing.

WhatsApp Image 2018-10-06 at 19.15.19
Kiwi Zespri

Nah menariknya, buah kiwi yang disajikan tidak hanya boleh dimakan ditempat tapi juga boleh dibawa pulang buat buah tangan. Salah seorang undangan yang sempat saya aja ngobrol bilang kalo buahnya terasa segar meskipun sudah menempuh perjalanan jauh dari New Zealand, juga terasa banget seratnya.

WhatsApp Image 2018-10-06 at 19.17.26
Free Flow Zespri’s Kiwi

Bisik-bisik tetangga bilang kalo penjualan buah kiwi Zepri itu nilainya hanya 1 persen dari total penjualan di seluruh dunia, namun walaupun Cuma 1 persen komsumsi negara kita tiap tahunnya setara kira2 200 kontainer.

MaduAirbone Honey.

Di booth Airbone Honey ini pengunjung bisa mencicipi 8 jenis varian rasa antara lain Manuka, honeydew, kamahi,Rata, Rewarewa, Viperbugloss.

Honeydew rasanya seperti rasa madu pada umumnya, biasa aja, Viper Bugloss terasa seperti melati, kalo kata seorang teman yang hadir madu ini cocok untuk kita yang berjiwa suzana :P.

WhatsApp Image 2018-10-06 at 19.20.15
Airborne Honey

Rewarewa rasanya fruity, pas nempel di lidah terasa kaya ada serbuknya, kalo kata mas yang jaga boothnya itu adalah serbuk sari dari bunga yang menjadi bahan baku madu. Kamahi rasanya kaya herbal, dan juga ada Rata yang rasanya kaya butte. Nah pada bingung kan kok bisa rasa madunya beraneka ragam begitu

Ternyata Airbone Honey ini memproduksi madu melalui proses penelitian terlebih dahulu, hingga bisa menciptakan beragam rasa unggulan untuk produk madu mereka, Saya suka rasa Rewarewa. Pas untuk lidah orang Indonesia

WhatsApp Image 2018-10-06 at 19.19.15
Pairing Wheels

Nah kerennnya Airborne Honey ini mereka juga ada pairing wheelnya sebagai media edukasi buat pengunjung tentang produk madu yang mereka hasilkan. Jadi pengunjung bisa tau madu rewarewa misalnya cocok untuk digunakan sebagai bahan masakan asia.

Kastangle, Oats Cookies dan Cheese Stick Yummy

Setelah icip-cip madu saya tertarik berkunjung ke booth yang memajang Kangtangle,Oat Cookies dan Cheese Stick. Awalnya saya pikir ini adalah booth yang menjual produk tersebut, namun ternyata salah. Booth ini memajang bahan berkualitas dari Anchor yaitu tepung, cream milk, butter hingga mozzarella yang sudah di parut yang tinggal ditabur sebagai topping pada makanan,

Karena ga punya pengalaman baking kue akhirnya cuma iseng nyobain kastangle nya, setelah liat2 apa aja yang ada dipajang. Mbaknya bilang, Cobain deh mas, ini enak banget. Saya senyum-senyum sambal mbatin ini mah kue jualan masa lebaran dan natal. Nyobain dong, apa iya enak banget….

WhatsApp Image 2018-10-06 at 19.26.08
Anchor’s Kastangles
WhatsApp Image 2018-10-06 at 19.28.01
Oat Cookies

Rasanya beneran ENAK BANGET, sumpah ga bohong.. Nyobain satu ga cukup, nyobain lagi biar makin percaya kalo rasanya beneran ENAK BANGET. Lalu lewatlah selebtweet yang biasa nongol di timeline saya. Saya tawarin kastangel itu, dia kaya ga percaya, mungkin karena yang nawarin itu saya, tapi pas dia ambil lalu masuk ke mulut, ga lama dia bilang BENERAN ENAK BANGET… Nah berarti lidah aye kaga salah. Dan kami pun nongkrong aja di booth itu sambal terus ngemil kastangle nya wkwkwkwkw.

WhatsApp Image 2018-10-06 at 19.38.33(1)
Nyobain Kastangles

Buat saya Kastangle yang menggunakan bahan-bahan dari Anchor ini layak diberi predikat ISTIMEWA DI HATI ( Bintang 5)

Aneka Cemilan Enak dan Cantik

Di area tengah ada semacam meja besar yang disusun sedemikian rupa, memajang berbagai macam cemilan hasil olahan berbagai macam produk di booth.

Cooking Demo

Di Stage panggung ada demo masak oleh Chef, yang meramu beraneka ragam bahan produk unggulan New Zealand menjadi Ravioli Udang dengan Keju Parmesan,Bayam dan Saus Keju.

Karena saya alergi terhadap udang saya tak berani mencicipi hidangan ini. Namun menurut teman saya yang mencicipi raviolinya terasa lembut,ditambah udang segar dan keju yang nikmat plus keju parmesan merah, rasanya sedap betul.

WhatsApp Image 2018-10-06 at 19.32.12

Selain produk bahan2 makanan dan juga kuliner dari olahan produk bahan-bahan tersebut diatas, Taste New Zealand juga menampilkan kesenian asli suku maori, walaupun hanya tampil sebentar namun sangat diapresiasi oleh para undangan yang hadir. Sayangnya saya tidak sempat berfoto bersama mereka

WhatsApp Image 2018-10-06 at 19.36.17

MC acara TasteNZ sempat menyebutkan I Hope all of You enjoy delightfull evening, and I think everyone enjoy it.

WhatsApp Image 2018-10-06 at 19.38.33(2)

Terimakasih atas undangannya, terutama untuk uda Arie Parikesit dan Mas Fadjar.Senang banget bisa hadir di acara ini, jadi nambah ilmu tentang produk-produk premium dari New Zealand yang kualitasnya sudah mendunia dan tidak perlu diragukan lagi. Bisa jadi salah satu contoh bagi food industry di Indonesia, terutama yang berkaitan dengan bahan baku untuk produk olahan.

Leave a comment

Website Powered by WordPress.com.

Up ↑